Ragam Dialog Party Mania (Interaksi Manusia dan Komputer)

Holaaa ! bertemu kembali ! kali ini saya ingin berbagi tentang ragam dialog dalam sebuah Game. Game yang akan dibuat oleh saya dan teman teman ini berjudul Party Mania yang menceritakan seorang gadis yang sedang berulang tahun dan akan mengadakan pesta sehingga harus ada beberapa hal yang harus ia siapkan ! Pemain akan melewati beberapa tahap , yaitu :

1. Menghias kue

2. Berdandan

3. Berpakaian baju pesta

4. Menghias Ruangan

5. Berdansa dengan teman teman

Sebelumnya , ragam dialog ada apa saja? YAP ! ini dia :

  • Bahasa Tunggal, dimengerti hanya pada lingkungan tertentu contohnya penggunaan dalam terminal atau command prompt Sistem Operasi tertentu
  • Pemograman , ragama dialog yang dikemas dalam batch file
  • Bahasa Alami , bahasa yang biasa kita gunakan (bahasa manusia)
  • Sistem Menu , ada dua macam yaitu menu datar dan tarik (dropdown) yang biasa kita jumpai
  • Pengisian Borang, biasa kita temui saat kita mengisi sebuah form (Sign in , Register , dll)
  • Antarmuka berbasis Icon, menu lebih condong menggunakan gambar (simbol)
  • Sistem Penjendelaan, seperti pop up yang muncul atau Auto Play saat kita memasukan cd atau pun usb
  • Manipulasi Langsung , tidak berdasarkanmenu , shortcut , dll.  contohnya adalah teknologi Kinect pada Xbox
  • Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis ,

Naaah , inilah ragam dialaog yang saya dan teman teman pakai di dalam game PARTY MANIA (berdasarkan mock up) :

 

 

Gambar di atas merupakan menu utama dan mode game play dari Party Mania  , ragam dialog yang dipakai yaitu Sistem Menu .

Berikut adalah gambaran dari beberapa stage yang akan dibuat Party Mania :

 

Gambar di atas adalah saat dimana player harus mendekorasi kue ulang tahun dengan cara memilih bentuk kue , hiasan , dll ang berupa gambar sehingga ragam dialog yang dipakai sesuai gambar diatas yaitu Sistem Menu datar dan Antarmuka Berbasis Icon.

 

 

Nah , yang diatas ini adalah stage terakhir saat player harus berdansa dengan teman temannya . Agar bisa lolos  maka harus mengikuti arah yang ada di layar sehingga mendapatkan skor . Cara memainkan nya cukup menggunakan tombol arah sesuai dengan icon yang terlihat . Oleh karena itu , ragam dialog yang dipakai adalah Antarmuka Brbasis Icon

Selain dari gambar gambar diatas , ragam dialog sistem penjendelaan juga akan dipakai yang berupa pop up saat berhasil menyelesaikan setiap stage .

Sekian tentang ragam dialog dan penerapannya di dalam game Party Mania yang rencananya akan segera dibuat pada platform Flash . Doakan kami ! :D

 

Let’s Share Our Knowledge !

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: