Scan string termasuk spasi

HALO!

baiklah disini saya akan sharing sedikit , mencakup dengan pemograman dengan bahasa C . terkadang jika user memasukan sebuah kaliam tentu saja mengandung spasi, tapi biasanya masukan akan berhenti diperiksa jika menemui spasi. NAHHH!! bagaimana supaya dapat dibaca hingga kalimat selesai?

begini lah caranya : contoh user memasukan kalimat “aku adalah anak gembala”

kita ingin memeriksa keseluruhan kalimat untuk tujuan tertentu maka :

int main (){

arr[200];

printf ("masukan kalimat : ");

scanf (" %[^\n]",&arr); //ini yang membuat kalimat secara keseluruhan dapat dibaca

return 0;

}

penggunaan %[^\n] ditujukan pada kalimat akan diperiksa sampai user mengetik tombol enter (pindah baris). jika kita hanya ingin memeriksa karakter dalam suatu kalimat sampai bertemu tanda koma “,”  maka dapat kita ganti menjadi  %[^,] atau mungkin ingin memeriksa sampai bertemu tanda koma dan maksimal 8 karakter %8[^,] . beda dari ” %” “%8” adalah panjang karakter yg diperiksa dalam suatu kalimat jika kita tidak tahu berapa karakter yg akan diperiksa sampai suatu tanda yg diinginkan maka cukup dengan “%”

begitulah ilmu yg ingin saya bagi . sampai jumpa di posting berikutnya!😀

berikut adalah tambahan dari sebelumnya 

ini contoh kode program sederhana :

int main (){
char a[50];

printf (“masukan kalimat : “);
scanf (” %49[^\n]”,&a);
printf (“kalimat anda : %s”,a);
return 0;
}

dari kode di atas maka jika di compile :

3 thoughts on “Scan string termasuk spasi

  1. Sayang sekali, posting seperti ini kok gak ada yang komentari. Saya lagi cari mumet ke seluruh dunia via Google, Mas. Ketemu yang demikian jelas di sini. Terima kasih atas pembagian ilmu mas😀

    Namun saya gagal mengambil kalimat ke dalam program. Malah ketika program sampai di printf masukkan anu, program langsung mati tanpa mengeluarkan permintaan masukan kalimat. Saya menggunakan Linux, Mas. Kompiler saya GCC dengan pustaka standar.

    Demikian, saya minta bantuan mikir. Terima kasih banyak.

  2. terimakasih sebelumnya, dikarenakan pada komentar saya tidak bisa mengupload gambar maka jawaban saya masukan ke dalam postingan dan bisa dilihat kembali😀
    pada scanf (” %49[^/n]”,&a); di depan “%” jangan lupa ditambahkan spasi ” ” agar bisa meminta masukan dari user.

Leave a Reply

